Apakah Anda Cemas Atau Depresi?

Sudah beberapa minggu ini Mansyur uring-uringan. Bos dikantor kerjaannya hanya marah-marah terus. Istrinya dirumah juga tak mau kalah. Reaksinya hanya seputar mengeluh, marah, mengeluh lagi, dan marah lagi. Anak-anaknya juga sulit diberitahu atau diajak berbicara. Kian hari Mansyur makin merasa kehilangan semangat, kehilangan nafsu makan, dan juga sulit tidur. Ia bahkan menarik diri dari pergaulan.

Kecemasan atau kehilangan semangat telah berada pada tahap gangguan psikis jika hal ini telah mengganggu kehidupan sehari-hari.

Dari gejala yang dialami Mansyur, kemungkinan ia mengalami depresi. Apa yang dialami Mansyur juga dialami oleh banyak orang lain. Data Global Burden of Disease pada tahun 2017 menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 10 orang atau sekitar 10% penduduk di dunia menderita penyakit psikis. Data yang berasal dari Institute for Health Metrics and Evaluation yang berasal dari Universitas Washington ini bahkan mendapuk depresi dan kecemasan sebagai jenis penyakit psikis yang paling banyak diderita.
Merasa cemas atau kehilangan semangat adalah hal yang wajar dan manusiawi. Kecemasan atau kehilangan semangat telah berada pada tahap gangguan psikis jika hal ini telah mengganggu kehidupan sehari-hari, menurunkan produktivitas secara signifikan, dan membuat seseorang tidak mampu menjalankan aktivitas sehari-hari. Terlepas dari situasi pandemi corona seperti sekarang ini, kondisi kesehatan psikis dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Kuesioner berikut dapat membantu untuk mengetahui apakah anda mengalami gangguan kecemasan psikis. Pada dasarnya kuesioner ini untuk mengetahui kondisi psikis anda secara menyeluruh. Isilah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan kondisi anda dalam dua minggu terakhir. Tidak ada jawaban yang benar atau salah.

  1. Saya merasa tegang dan sensitif secara emosi.

a. sebagian besar
b. sering
c. kadang-kadang
d. tidak sama sekali

  1. Hari ini saya dapat merasa gembira, sama seperti waktu dulu.

a. ya
b. tidak selalu
c. hanya sedikit
d. tidak sama sekali

3.Terkadang saya memiliki firasat bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi.

a. sering dan firasatnya sangat kuat
b. kadang, tapi firasatnya tidak terlalu kuat
c. jarang dan saya juga tidak terlalu khawatir
d. tidak

  1. Saya dapat tertawa dan dapat melihat sisi yang lucu dalam hidup.

a. ya, sering
b. ya, kadang-kadang
c. ya, jarang
d. tidak sama sekali

  1. Pikiran yang mengganggu memenuhi kepala saya.

a. hampir setiap saat
b. sering
c. terkadang
d. jarang atau tidak pernah

  1. Saya merasa bahagia.

a. tidak
b. jarang
c. terkadang
d. sebagian besar

  1. Saya dapat duduk dengan nyaman dan merasa relaks.

a. tentu saja
b. biasanya sih iya
c. kadang-kadang
d. tidak

  1. Saya merasa terbebani dengan aktivitas yang saya jalani.

a. hampir selalu
b. sering
c. kadang-kadang
d. tidak

  1. Terkadang perasaan takut memenuhi diri saya.

a. tidak
b. jarang
c. kadang-kadang
d. sering

  1. Saya kehilangan minat untuk menjaga penampilan saya.

a. ya
b. penampilan saya kurang terjaga.
c. sejak dulu, penampilan bukanlah hal penting bagi saya.
d. penampilan saya selalu rapi dan terjaga.

  1. Saya merasa kurang tenang dan merasa harus selalu bergerak.

a. hampir selalu
b. sering
c. kadang-kadang
d. tidak

  1. Saya memandang masa depan dengan sikap optimis.

a. ya
b. agak berkurang dibandingkan dahulu
c. jauh berkurang dibandingkan dahulu
d. tidak

  1. Terkadang saya seperti merasa panik.

a. sering
b. kadang-kadang
c. jarang
d. tidak

  1. Saya dapat menikmati membaca buku, mendengar siaran radio, atau menonton siaran televisi.

a. sering
b. kadang-kadang
c. agak jarang
d. jarang sekali

Setelah selesai menjawab kuesioner, jumlahkan total skor anda.

Skor:

A:

1, 3, 5, 11, 13: a = 3, b = 2, c = 1, d = 0

7, 9: a = 0, b = 1, c = 2, d = 3

B:

2, 4, 6, 12, 14: a = 3, b = 2, c = 1, d = 0

8, 10: a = 0, b = 1, c = 2, d = 3

Berikut arti total skor anda:

A : 0 – 7
Anda jarang atau bahkan jarang sekali merasa cemas. Kecemasan dapat muncul, namun itu bukan sesuatu yang mengganggu pikiran dan perasaan anda.

A: 8 – 10
Terkadang anda merasa cemas. Tergantung situasi dan keadaan, terkadang kecemasan tersebut dapat mengganggu pikiran dan perasaan anda. Namun, anda tetap dapat mengendalikan perasaan cemas anda sehingga tidak mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

A: > 10
Kecemasan sudah menjadi bagian keseharian anda. Pikiran dan perasaan anda cenderung hanya dipengaruhi oleh perasaan cemas dan takut. Bahkan, hal ini dapat membuat anda kalut dan panik. Dalam hal ini, anda perlu untuk mencari strategi yang dapat membantu anda menurunkan tingkat kecemasan anda. Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah mendelegasikan tugas, melakukan aktivitas yang menenangkan dan menyenangkan, atau menganalisis kehidupan work-life-balance anda. Jika tahap kecemasan anda telah sangat mengganggu hingga anda kesulitan dalam menjalankan hidup sehari-hari, sebaiknya berkonsultasilah dengan psikolog

B: 0 – 7
Anda tidak merasakan depresi. Kehilangan semangat atau gairah dalam hidup wajar saja terjadi, namun hal itu tidak mengganggu anda untuk tetap merasa bahagia dan optimis.

B: 8 – 10
Terkadang anda kewalahan dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup anda. Meski demikian, anda tetap mampu dapat mengendalikan masalah tersebut. Meski mengalami berbagai masalah, anda tetap dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

B: > 10
Anda tidak memiliki gairah hidup. Selain itu, anda mengalami kesulitan untuk melihat sisi positif dalam hidup. Anda mudah merasa emosi, entah sedih, marah, tersinggung, dsb. Anda merasa sulit tidur atau terlalu banyak tidur. Anda tidak berselera makan atau terlalu banyak makan. Bersosialisasi tidak pernah lagi menyenangkan bagi anda. Bahkan, anda cenderung menarik diri dari lingkungan. Bagi anda, masa depan itu suram atau bahkan tidak ada masa depan. Jika beberapa atau bahkan sebagian besar gejala-gejala ini anda sering alami atau bahkan teramat sering anda alami, segeralah berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

Merasa cemas dan kurang bergairah adalah wajar dan bahkan bagian dari hidup. Namun, jika frekuensi dan intensitasnya telah dalam taraf mengkhawatirkan, hal ini dapat mengganggu hidup anda. (Christi)

Sumber kuesioner: NFER-Nelson, Windsor, 1994

.